345 Siswa Smansa ikuti Pertika 2017

0
25
views

Dewan Ambalan Gajah Mada Gugus Depan 01.23 dan RA. Kartini Gugus Depan 01.20 mengadakan kegiatan Perkemahan Bakti Pramuka (Pertika) 2017 yang dilaksanakan di bumi perkemahan Selopajang selama tiga hari. Pertika ini dilaksanakan pada Rabu-Jumat, 9-11 Agustus 2017. Pertika 2017 merupakan pertika kedua, setelah tahun lalu dilaksanakan di Asrama Brimob Pekalongan dan ini dilaksanakan di Selopajang. “Untuk mengadakan kegiatan apalagi perkemahan, tidak melulu harus di Pekalongan. Kita bisa memilih tempat lain sesuai dengan tujuan dari kemah itu sendiri. Bisa lebih mengenal alam dan lebih peka terhadapnya, jadi kami memilih Buper Selopajang yang dikenal masih asri,” papar Anas Juliansyah, ketua Pertika 2017 di Selopajang, Rabu (9/08/2017).

Sejumlah 345 siswa yang terdiri dari panitia sejumlah 50 dan peserta sejumlah 295 berpartisipasi dalam perkemahan tersebut. Terdiri dari 12 sangga putra dan 15 sangga putri dengan tiap tiap anggotanya berjumlah 10-12 anak. Nama nama sangga yang dipilih dalam pertika ini mengambil nama tarian dari Indonesia, dengan begitu diharapkan peserta maupun panitia bisa lebih mengenal budaya khususnya tari tradisional. Terlebih, setiap sangga wajib membuat logo masing masing sesuai dengan ciri ciri nama sangga tersebut.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai wadah pendidikan berkarakter dan belajar hidup mandiri,” Kata Pak Riyanto, Wakasek SMA N 1 Pekalongan, pada sambutan pembukaan Pertika 2017. Menurut beliau, kegiatan ini sekaligus menumbuhkan kembali jiwa kepramukaan pada siswa dan diharapkan sepulang dari kegiatan ini siswa akan lebih mengembangkan pendidikan karakter. Salah satu kegiatan yang menumbuhkan karakter dalam Pertika ini adalah salat Maghrib berjamaah dan tadarus bersama yang termasuk dalam karakter religius

.

Kegiatan dalam Pertika ini dibagi menjadi berbagai macam giat, seperti giat prestasi dengan adanya lomba lomba yang wajib diikuti, seperti GoA, Gamaraka on Adventure atau mencari jejak. Setiap sangga diwajibkan mengirim perwakilannya untuk mengikuti adventure tersebut. Dalam mencari jejak kali ini peserta juga melaksankaan penilaian uji syarat kecakapan umum penegak bantara. Lalu giat wawasan dengan sosialisasi maupun sharing-sharing. Ada juga giat umum seperti senam pagi untuk menjaga badan agar tetap fit selama mengikuti kegiatan. Dipenghujung kegiatan juga akan ada api unggun dan pementasan bakat peserta melalui kegiatan Gamaraka Got Talent dan pemilihan duta gamaraka.

“Kegiatan ini imbang, ada jadwal kegiatan dan ada waktu yang cukup untuk istirahat,” papar peserta dari Sangga Srimpi. Dalam pertika ini kegiatan telah disusun sebaik mungkin agar peserta dapat menikmati kegiatan sekaligus juga memerhatikan waktu istirahat sehingga tujuan dari perkemahan ini dapat tersampaikan.

Leave a Reply