Rayakan Kemerdekaan Kuatkan Karakter Siswa SMANSA

0
42
views

Di perayaan dirgahayu Indonesia ke 72 ini, SMANSA mempunyai berbagam macam event, dari gerak jalan sampai pejuangan kerupuk cintaku yang menyenangakan. Semarak dan asiknya acara ini adalah hasil dari kartinians yang ikut berpatisipasi. kegiatan event dirgahayu Indonesia ini sangat bermanfaat untuk membangun jiwa nasionalisme kartinians dan mempererat hubungan antar kartinians di SMANSA.

Kerja keras panitia dan keantusiasan para kartinians membuat event ini berjalan lancar dan menyenangkan.

Pada hari rabu,  tanggal 16 agustus, diadakan beberapa event, dimulai dari gerak jalan lalu water bomb dan perjuangan kerupuk cintaku. Kegiatan gerak jalan dimulai pada pukul  07.00 pagi dan diikuti oleh setiap kelas beserta wali kelasnya masing masing. Event ini membuat hubungan antara wali kelas dengan kelas yang dinaunginya semakin erat dan kompak. Lalu, event kedua dimulai setelah semua peserta gerak jalan selesai. Event kedua adalah  Water bomb yang dimeriahkan dengan tingkah lucu para peserta yang berjalan tidak tentu arah dan memukul para penonton bukan plastik air.

Setelah itu ada lomba perjuangan kerupuk cintaku. Setiap kelas mengirim 6 perwakilan. Perjuangan itu dimulai dengan mencari kelereng di mangkuk berisi serbuk kayu dengan sumpit lalu memberikan kelereng ke peserta yang lain yang sudah siap dengan sendok dimulutnya. Setelah peserta yang membawa kelereng dengan sendok menaruh kelereng ke dalam sebuah toples pesrta yang bertugas memakan krupuk  yang diikat di tali lalu digantung memulai tugasnya. Stelah kerupuk habis peserta lain melakukan balap karung lalu memasukkan pensil ke dalam botol. Peserta yang telah memasukkan pensil ke dalam botol bersama 2 pesrta lain melakukan game jembatan cinta. Dengan hanya menggunakan 2 kardus mereka bertiga tidak boleh menyentuh tanah dari tengah lapangan sampai pinggir lapangan. Partisipasi dari guru PPL dari UNNES dan bapak ibu guru juga terlihat. Pada event perjuangan kerupuk cintaku para guru ppl dan bapak ibu guru ikut berpatisipasi dan sangat antusias mengikutinya.

Kemeriahan perayaan HUT RI tidak berhenti di hari itu. Pada hari kamis tanggal 17 agustus setelah upacara bendera terdapat event sarung.oi dan final untuk event-event yang telah dilaksanakan pada hari rabu. Upacara bendera yang diikuti oleh para kartinians dengan sangat khidmat karena ini adalah cara kita menghormati para pahlawan yang telah berjuang untuk kita dan mencintai tanah kelahiran kita. Setelah upacara selesai dilaksanakan lomba sarung oi dan final untuk event yang telah dilaksanakan pada hari rabu. Tak lupa Ditengah tengah acara lomba sarung io rekaman pada saat ir soekarno dan muhammad hatta membaca teks proklamasi dikumandangkan dan acara diberhentikan untuk sementara pada pukul 10.

Semoga dengan diadakanya lomba memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, para kartinians, guru, dan staff SMANSA dapat merasakan kembali nuansa perjuangan.

Leave a Reply