Tips-Tips Belajar Efektif Menjelang PHB

0
34
views

Halo Kartinians semua! Apa kabar? pasti baik dong. Tidak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi PHB, pastinya kita harus belajar dengan lebih giat lagi.Oleh karena itu,dalam kesempatan ini saya akan memberikan beberapa tips belajar menjelang PHB.

1. Keep on Reading.

Baca terus materi, bahkan kalau perlu sampai berulang kali. Jika kita sudah membaca berulang dan merasa bosan karena sudah hafal, tandanya kita sudah bisa memahami materi tersebut. Kuncinya adalah jangan berhenti membaca, anggap materi atau bacaan sebagai cerita, supaya kita bisa asyik menikmatinya.

2. Latihan Soal.

Khususnya untuk pelajaran hitung-hitungan. Kerjakan ulang soal yang telah dibahas bersama tanpa melihat soal tersebut. Jika belum benar, latihan terus hingga kita dapat mengerjakan rangkaian penyelesaian dengan tepat dan teliti.

3. Lewat aplikasi.

Download aplikasi dan belajar melalui aplikasi dapat membuat kita lebih tanggap dalam mengerjakan soal. Sebagian dari kita mungkin cocok dengan cara belajar ini karena aplikasi edukasi ini biasanya menjelaskan step-by-step. Namun jika kita malah kebingungan dan tidak paham, jangan menggunakan cara ini.

4. Buat Rangkuman.

Tujuannya supaya kita mengerti inti-inti dari tiap materi dan dapat melatih kita menjabarkan inti tersebut. Dengan membuat rangkuman juga dapat membuat kita lebih mudah menghafal asalkan kita telah memahami materi. Jika kamu ingin membuat rangkuman, sebaiknya jangan membuat pada H-1 ujian. Buat rangkuman pada minggu sebelum minggu ujianmu. Sehingga pada H-1 ujian kamu dapat membaca sedikit untuk me-refresh.

5. Fokus.

Bagi yang memiliki waktu belajar hingga malam hari, gangguan rasa kantuk menjadi cobaan utama untuk menutup buku dan bermanja dengan kasur. Agar tetap fokus, saya biasanya merendam kaki di dalam ember berisi es batu. Gunanya supaya kita tetap terjaga dan segar dari kaki hingga kepala. Membantu kita untuk fokus melanjutkan belajar dan siap menguasai materi.

6. Siapkan camilan.

Camilan masuk perut, materi pembelajaran pun masuk otak (jangan makanan berat).

7. Play Your Music

Bagi yang biasa belajar sambil mendengar musik, coba untuk menambahkan list lagu-lagu klasik. Lagu klasik dipercaya dapat membantu kita lebih cepat menyerap materi pembelajaran.

8. Belajar pada jam subuh efektif karena suasana lebih tenang.

Kita jangan belajar pada pukul 22.00-02.00 karena itu adalah jam di mana tubuh beristirahat. Jadi mulailah belajar pukul 2.30 atau 3.00 pagi. Kalau paginya kamu merasa lelah atau ngantuk, kamu bisa mencoba dengan tidur siang lalu bangun pada malam hari untuk belajar selama 2 atau 3 jam lalu tidur lagi hingga esok paginya. Jangan lupa atur alarmnya ya!

9. Cari suasana belajar yang berbeda.

Belajar tidak melulu harus di kamar atau dirumah. Kamu bisa pergi ke taman di komplek, ke perpustakaan umum, ke food court di mall, kafe atau restoran, maupun ke toko buku. Tapi ingat, tujuanmu untuk belajar.

10. Terakhir, tantang dirimu sendiri.

Buat kuis atau pertanyaan untuk kamu jawab sendiri. Uji pengetahuanmu dengan menyelesaikan kuis tanpa melihat buku. Dengan ini kamu akan terpacu untuk berusaha menguasai materi.

 

Extra Tips: Batasi Diri dalam Menggunakan Gadget.

Misalkan kamu mau belajar pukul 19.00, maka mulai pukul 19.00 kamu harus mematikan gadget dan disimpan di tempat yang tidak terlihat olehmu (misalnya di laci, di dalam lemari baju). Pastikan bahwa gadgetmu mati ya! Supaya kamu tidak terganggu oleh notifikasi dan tidak tergoda membukanya. Atur waktu kapan harus memakai gadget, kapan harus mengistirahatkannya. Misalkan kamu bermain gadget setelah pulang sekolah sampai pukul 17.00, setelah itu gadget dimatikan.

Itulah beberapa tips-tips dalam belajar dan dalam mempersiapkan PHB. Semoga kita terpacu untuk berusaha dan menjauhkan diri dari kecurangan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply