“Melawan Hoax ! Melalui Seminar Kepenulisan”

0
19
views
#melawanhoax

Pada tanggal 11 November 2017 diadakan acara Seminar Kepenulisan yang bertempat di Perpustakaan dan Arsip Kota Pekalongan. Pada seminar kepenulisan ini mengangkat tema “SASTRA  : KEBEBASAN BEREKSPRESI DAN PERANG MELAWAN HOAX”. Alasan diadakannya seminar ini untuk menolak dan bertindak dengan tepat terhadap informasi atau berita yang tidak sesuai dengan fakta alias Hoax.

Acara ini diikuti kurang lebih sebanyak 70 peserta dari berbagai  lembaga pendidikan seperti  SMA N 01 Pekalongan, SMK N 02 Pekalongan, Universitas Pekalongan, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan , dan masih banyak lagi.

Pada acara seminar kepenulisan menghadirkan narasumber  yang pastinya sangat menginspirasi , yang pertama ada Maz Aveushar sebagai penulis 9 novel populer diantaranya warna merah pada hati, sorry that i love you , pangeran langait, dan lainnya. Kedua Bu Dina Nurmalisa,M.HUM sebagai dosen pengamat sastra , kandidat doktor ilmu sastra Universitas Indonesia. Dan yang ketiga Ibu Nurul Indrawati selaku dinas komunikasi dan informasi Kota Pekalongan.

Pada dasarnya dalam penulian karya sastra kita harus menerapkan prinsip  MERDEKA, JUJUR , DAN INDAH. Merdeka artinya tulislah apa yang ada di dalam hati kita tanpa harus memikirkan hal-hal yang membatasi sebuah karya seperti konvensi sastra. Jujur memiliki arti sebagai kita harus jujur pada diri kita sendiri ,apa yang akan kita tulis , apa yang kita tahu , dan cari tahu yang hendak kita tulis. Indah dengan kita menerapkan prinsip seperti diatas maka kita aan mendapatkan keindahan dari karya sastra yang kita hasilkan.

“Bahasa adalah cermin pikiran. Sebagai produk budaya, bahasa merefleksikan pikiran.”

(Noam Chomsky)

Berbagai macam berita yang tersebar mengandung fakta , fiksi , dan hoax.Kita sebagai generasi muda memiliki peran yang sangat penting bagi bangsa dalam mengekspresikan diri dan melawan hoax . jika terdapat berita hoax tugas kita adalah mengkritisi berita tersebut agar tidak terjerumus  dalam kepalsuan.

Kesimpulan dari  acara seminar kepenulisan ini ialah jika fiksi tidak berambisi menyatakan fakta tetapi jika hoax berambisi pada kenyataan atau fakta.

Leave a Reply