TIPS SUKSES SBMPTN

0
37
views

Haloha Katinians! Apa kabarrnyaa? Yups kembali lagi dengan Saya. Berhubungan akan medekati waktu waktu buat belajar SBM ,saya akan membahas mengenai tips sukses menembus PTN idaman lewat SBMPTN.

Nah sebelum membahas bagaimana caranya bisa mendapatkan nilai bagus di SBMPTN,akan dibahas apa sih SMBPTN itu?

SBMPTN adalah sebuah test dimana kelanjutan dari proses selesai SNMPTN yang bisa dibilang tidak diterima di PTN yang telah di ajukan. Nah dalam SBMPTN tersebut,peserta diberi hak untuk memilih PTN beserta jurusannya seseuai dengan bidang masing-masing lalu akan diseleksi dengan menggunakan soal sebanyak 100 yang dibuat oleh Kemendikbud Pusat. Katanya sih,soal yang dikeluarkan oleh pemerintah sangat sangat susah ,jadi calon peserta harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Menjelang SBMPTN 2018, saatnya kita membedah berbagai hal seputar Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Yes, inilah 33 rangkuman informasi, trivia, serba-serbi plus tips dan trik yang perlu kamu tahu sebagai bekal menghadapi SBMPTN 2017!

Info dasar SBMPTN Tahun lalu yaitu SBMPTN 2017

  1. SBMPTN merupakan salah satu tes untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  Selain itu, ada SNMPTN (seleksi jalur undangan yang dinilai dari prestasi di sekolah) dan Ujian Mandiri (ujian yang diselenggarakan di tiap universitas).
  2. Dulu, SBMPTN dikenal dengan nama Sipenmaru (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), serta SNMPTN Tulis. Nah, supaya nggak rancu dengan SNMPTN jalaur undangan, maka nama tes ini diubah menjadi SBMPTN.

(Mungkin tahun depan, sebutan SBMPTN bakalan berubah lagi.  )

  1. Sebelum ada 3 jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri), seleksi semacam SBMPTN bisa dibilang sebagai jalur utama (dan satu-satunya) untuk masuk PTN.

Ada sih jalur lain, yaitu PMDK. Ini semacam penerimaan langsung, namun sangat terbatas. Biasanya, hanya untuk anak-anak berprestasi “level dewa”, alias pinter abis, dan dari sekolah top.

Makanya, dulu tes seperti SBMPTN merupakan momen “do or die”, karena merupakan the one and only test yang menentukan apakah kamu bisa masuk PTN (S1) atau tidak.

Syarat, jadwal, dan pelaksanaan

  1. Kuota penerimaan lewat jalur SBMPTN minimal adalah 30 persen. Misalnya, di Universitas Negeri X ada jatah 1000 kursi untuk mahasiswa baru. Setidaknya 300 kursi (atau bisa lebih) diberikan untuk jalur SBMPTN.

Apakah ada kemungkinan perubahan proporsi kuota di SBMPTN?

Berdasarkan obrolan Youthmanual dengan Pak Trisna Wibowo, Sekertaris Direktorat Jendral Pembelajaran Kemeneterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, kemungkinan untuk perubahan proporsi bisa jadi ada. Semua tergantung evaluasi hasil SBMPTN juga SNMPTN tahun sebelumnya.

Tahun ini, kuota minimal SBMPTN tetap 30 persen. Tapi kuota SNMPTN mengalami penurunan menjadi 30 persen juga (tahun lalu 40 persen). Hal ini ngaruh ke SBMPTN karena banyak PTN yang memutuskan menambah “jatah” kursi SBMPTN, seperti Universitas Indonesia‍ yang menjadi 70 persen, Universitas Sebelas Maret‍ 50 persen.

  1. Yang bisa ikutan SBMPTN 2017 adalah lulusan SMA, SMK dan sederajat, tahun 2017, 2016 dan 2015.
  2. Baik lulusan 2016 dan 2015 yang belum kuliah, yang sudah kuliah, atau yang sudah diterima SBMPTN di tahun sebelumnya, BOLEH ikutan SBMPTN 2017.

Jadi kalau ada mahasiswa jurusan Hukum Universitas Gadjah Mada angkatan 2016, boleh ikutan lagi SBMPTN 2017, misalnya mengambil Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Wih, jadi saingan SBMPTN banyak dan berat dong, kak? Yup! *Nangis di pojokan.

  1. Angkatan 2017 yang sudah lolos SNMPTN atau sudah diterima di Perguruan Tinggi Swasta (PT)  juga tetap boleh ikutan SBMPTN.

Yah, kali aja ada yang emang pengen kumpulin rekor diterima SNMPTN, SBMPTN, PTS, plus Ujian Mandiri sekalian. Biar bangga! *Trus dimusuhin seangkatan karena ambil jatah teman. hihihi….Tapi tahun ini (dan juga tahun lalu) ujian SBMPTN dan pendaftaran ula

SNMPTN berlangsung di hari yang sama. Jadi yang sudah keterima SNMPTN tapi nekad pengen ikutan SBMPTN harus memutuskan apakah mau melepas kursi SNMPTN demi ujian SBMPTN (yang beidewei belum tentyu keterima)? *dilema oh, dilema.

  1. Tiap tahunnya, jadwal pendaftaran SBMPTN berlangsung setelah SNMPTN. Tes dan pengumumannya juga setelah SNMPTN. Tahun lalu, pendaftaran SBMPTN berlangsung akhir April hingga 20 Mei, sementara ujian berlangsung akhir 31 Mei dan pengumumannya 28 Juni.
  1. Tes tertulis SBMPTN hanya berlangsung serentak di satu hari, bersamaan antara kelompok soal Sosial Humaniora (IPS), Sains Teknologi  (IPA) dan yang ikutan kedua tesnya alias Ilmu Pengetahuan Campuran. Hanya beda waktu tes aja, antara IPA, IPS dan IPC.

Tes Saintek: 07.00 – 11.45 (istirahat 09.15-09.45)

Tes Soshum: 09.45 – 14.30 (istirahat 11.45 – 13.00)

Tes Campuran: Gabungan kedua jadwal di atas 07.00 – 14.30 (istirahat 09.15-09.45 dan 11.45 – 13.00)

*Jadwal berdasarkan WIB, WITA dan WIT menyesuaikan.

Informasi soal jadwal dan pelaksanaan SBMPTN 2017 bisa kamu cek di sini.

  1. Materi tesnya adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (sama untuk IPA, IPS, dan IPC), tes Sains Teknologi (untuk IPA) yang mencakup Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia serta Tes Sosial Humaniora (untuk IPS) yang mencakup Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
  2. Lokasi tempat tes berlagsung biasanya sudah ditentukan oleh panitia SBMPTN yang tersebar di sekolah/universitas/gedung di kota masing-masing. Biasanya, peserta dari berbagai sekolah akan diacak penempatannya dan digabung dengan sekolah lain.
  3. Ujian tertulis terbagi 2 jenis, yaitu PBT (Paper Based Testing) dan CBT (Computer Based Testing). Pada prinsipnya kedua tes ini sama saja, hanya mediumnya berbeda.Nantinya, jika sarana sudah lengkap, diharapkan semua tes bisa menggunakan sistem komputer (CBT) yang lebih efisien dan praktis. Nah, untuk jurusan kuliah bidang khusus seperti Seni dan Olahraga ada Ujian Keterampilan (UK), yang waktu dan tempatnya telah dijadwalkan tersendiri oleh panitia SBMPTNm yaitu antara tanggal 17 dan18 Mei 2017.
  4. Apa aja yang dites saat uji keterampilan? Berbagai macam keterampilan, tergantung jurusan yang diambil. Untuk bidang seni ada tes menggambar, tes wawasan seni, tes improvisasi dan imitasi gerak, tes praktik instrumen musik, dan sebagainya. Sedangkan di bidang olahraga ada tes keterampilan motorik (lari, kelincahan, sit-up, dll) serta tes kesehatan.
  5. Pengumuman SBMPTN dilakukan secara serentak di situs resmi SBMPTN (serta situs lain yang terkait, biasanya situs kampus). Di jam tersebut, biasanya semua jadi khusyu’ di depan layar komputer dan berdoa.

Kalau dulu sebelum teknologi dan internet secanggih sekarang, pengumuman nama-nama peserta yang lolos seleksi PTN ditulis di koran.

  1. Peserta SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran tes. Tahun lalu biayanya Rp200,000. Namun, peserta beasiswa Bidikmisi bisa mengikuti SBMPTN dengan gratis, KECUALI peserta bidikmisi yang sebenarnya sudah diterima di SNMPTN (tapi tetap ikutan SBMPTN).

Passing Grade dan peluang diterima :

  1. Tiap tahun jumlah jumlah kursi yang dibuka untuk mahasiswa baru di SBMPTN bisa berubah-ubah. Itu semua tergantung pada:
  2. Berapa banyak mahasiswa yang bisa ditampung suatu jurusan di suatu universitas. Angka ini bia berubah setiap tahunnya. Misalnya Jurusan Teknik Informatika di Universitas Z tahun 2016 membuka kuota 100. Namun karena penambahan/pengurangan pengajar dan fasilitas kelas, di tahun depannya mereka bisa menampung 150, atau malah 50 (jika yang terjadi adalah pengurangan).

Di antaranya kamu bisa cek daftar jurusan di UI, UGM, dan Unpad yang paling banyak peminatnya plus info kuotanya di SBMPTN 2017.

  1. Dibuka jurusan baru di suatu universitas. Otomatis ada tambahan kuota penerimaan.

Simak info jurusan kuliah baru di IPB, ITB, dan UGM.

  1. Jumlah peminat. Misalnya, jumlah peminat jurusan tertentu yang memenuhi syarat ternyata kurang dari kuota. FYI, ada 2,913 sisa kursi PTN yang nggak terpakai karena sepi peminat.
  2. Menurut Rochmat Wahab, ketua pelaksanaan SBMPTN 2016, peserta yang lolos SBMPTN 2016 berjumlah 126,804 orang, sementara di SBMPTN 2015 115,788 orang dan SBMPTN 2014 91,294 orang. Semoga di 2017 makin banyak yang lolos, termasuk kamu. *AMIIIIN*
  3. Peluang siswa yang lolos SBMPTN tahun 2016 lalu hampir mencapai 1:6 atau sekitar 17,5 persen.
  4. Rincian peserta SBMPTN 2016 yang lolos adalah dari  kelompok tes sains teknologi (saintek) sebanyak 49,719 peserta. kelompok tes sosial humaniora (soshum) sebanyak 45,878 peserta, dan kelompok campuran sebanyak 26,056 peserta
  5. Jadi gimana cara seleksinya? Menurut Pak Trisna Wibobo seleksi dilakukan dengan mengurutkan nilai total peserta SBMPTN yang mendaftar di suatu jurusan. Dimiulai dari skor yang tertinggi hingga terendah. Trus, diambil deh, sejumlah peserta dengan total nilai tertinggi,  sesuai kuota yang tersedia.

Misalnya, kuota SBMPTN jurusan Akuntansi di Universitas Y berjumlah 34 orang. Maka yang diambil adalah 34 orang dengan nilai paling tinggi yang mendaftar di jurusan Akuntansi Universitas Y tersebut.

  1. Sebaliknya, ssal sekolah, asal jurusan, maupun lokasi tes tidak mempengaruhi hasil SBMPTN.
  2. Bagaimana dengan info skor “passing grade” yang sering beredar yang jadi patokan nilai untuk bisa masuk suatu jurusan? Dari penelusuran Youthmanual, sejauh ini, nggak pernah ada informasi resmi—baik dari pihak kampus maupun panitia—mengenai standar nilai untuk diterima di jurusan dan universitas tertentu.

Kemungkinan, skor passing grade tersebut adalah prediksi yang dibuat berdasarkan survei kepada calon mahasiswa yang lolos SBMPTN atau perkiraan nilai minimal untuk bisa diterima di suatu jurusan.  Inilah 10 besar Universitas yang menerima mahasiswa dengan rata-rata nilai peserta SBMPTN paling tinggi. Artinya, kalau mau masuk ke sini, nilai kamu harus oke, sob!

Bidang Saintek

  1. Institut Teknologi Bandung‍, Bandung. Rata-rata nilai 700.10
  2. Universitas Indonesia‍, Jakarta. Rata-rata nilai 667.44
  3. Universitas Gadjah Mada‍, Yogyakarta. Rata-rata nilai 648.46
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember‍, Surabaya. Rata-rata nilai 647.54
  5. Universitas Diponegoro‍, Semarang. Rata-rata nilai 620.33
  6. Universitas Padjadjaran‍, Bandung. Rata-rata nilai 618.24
  7. Universitas Airlangga‍, Surabaya. Rata-rata nilai 616.67
  8. Institut Pertanian Bogor‍, Bogor. Rata-rata nilai 613.68
  9. Universitas Sebelas Maret‍, Surakarta. Rata-rata nilai 611.00
  10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta‍, Yogyakarta. Rata-rata nilai 606.68

Bidang Soshum

1.Universitas Indonesia, Jakarta. Rata-rata nilai 669.52.

2.Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Rata-rata nilai 652.92.

3.Institut Teknologi Bandung, Bandung. Rata-rata nilai 651.97.

  1. Universitas Padjadjaran, Bandung. Rata-rata nilai 621.78.
  2. Universitas Diponegoro, Semarang. Rata-rata nilai 617.99.
  3. Universitas Airlangga, Surabaya. Rata-rata nilai 616.66.
  4. Universitas Brawijaya‍, Malang. Rata-rata nilai 606.14.
  5. UPN Yogyakarta, Yogyakarta. Rata-rata nilai 598.51.
  6. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta‍, Jakarta. Rata-rata nilai 597.33.
  7. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. Rata-rata nilai 594.19.

Tips dan Trik :

Perlu nggak ikutan bimbel? Atau privat aja? Yang intensif dari awal tahun ajaran atau menjelang SBMPTN? Atau yang ngasih jaminan diterima (tapi biayanya hampir sama kayak harga mobil. WHAT?)? Ada juga yang ikutan 2-3 bimbel sekaligus. Gimana, ya?

Perlu atau nggaknya ya, kamu sendiri yang paling tahu. Kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu memang butuh pendalaman materi, serta tipe bimbingan belajar apa yang paling pas untukmu dengan mengecek artikel ini atau ini.

FYI, Regine Wiranata, peraih skor SBMPTN 2016 tertinggi (842,69) kelompok Soshum yang diterima Fakultas Hukum  Universitas Airlangga, Surabaya ternyata nggak ikutan bimbel dan justru sukses belajar sendiri. “Cuma belajar sendiri, di kamar. Latihan ngerjain soal-soal,” ujar Regine saat diwawancara media. Walau sibuk belajar dan bimbel, tetap jaga supaya badan tetap segar dan fit. Bahaya banget kalau kamu sampai nge-drop dan jatuh sakit terutama menjelang hari H.

Menurut Youthmanual salah satu cara yang efektif untuk menghadapi SBMPTN adalah dengan belajar dan latihan dari soal, seperti yang dilakukan Regine. Kan banyak tuh, buku serta aplikasi kumpulan soal SBMPTN. Trus, jangan cuma sekadar menghafal dan menjawab dengan benar, tapi pahami materi soal yang ditanyakan. ikutan tryout SBMPTN juga penting. Selain latihan ujian dan mengukur kemampuan, dengan tryout kamu juga bisa dapat “feel”-nya SBMPTN. Seperti gimana rasanya tes ramai-ramai, menjawab soal dengan waktu terbatas, dan lain sebagainya  Pertimbangkan baik-baik mengenai pilihan jurusanmu, baik pilihan pertama maupun kedua. Jangan hanya sekadar “yang penting lolos”. Patuhi semua syarat dan tata tertib SBMPTN. Jangan sampai telat daftar atau nggak bawa dokumen yang diperlukan di hari-H. Bisa berabe!  Kalau ada sesuatu yang nggak berjalan lancar di hari H, jangan panik apalagi putus asa. Tetap tenang dan berusaha menemukan solusinya. Tau nggak, ujian SBMPTN Regine terbilang nggak mulus. Dia sempat terlambat datang 10 menit ke lokasi ujian. Berdoa! Penting untuk membarengi usaha dengan doa. Selain itu, doa juga bisa bikin kita lebih tenang dan kuat.

Sumber : www.youthmanual.com

sumber gambar: republika.co.id, okezone.com, unnes.ac.id

Leave a Reply