Tips And Trik Untuk Kartinians Hadapi PAS Senin Depan

0
55
views

Menjelang PAS, sudah pada cetak kartunyakah? Jika belum segeralah cetak atau selesaikan dulu Data Administrasinya dulu yah!

Pada rubrik kali ini, Kita akan membahas Tips and Trik ,khusus untuk Kartinians semua. Antara lain sebagai berikut.

​1. Tentukan target

Pertama-tama, cobalah tentukan target nilai ujianmu. Apakah kamu ingin semua nilaimu 100, atau mungkin kamu hanya ingin mematok minimal 75, dan target lainnya. Mengapa harus menentukan target? Karena target yang jelas akan berimplikasi kepada seberapa banyak usaha yang harus kamu keluarkan. Sebetulnya hal ini kembali lagi ke pertanyaan yang paling mendasar, untuk apa belajar? Apa yang ingin kamu fokuskan di belajar? Ada siswa yang hanya fokus di organisasi, kepanitiaan, atau akademik, ada juga yang ingin bagus di segala aspek. Tidak ada yang benar dan salah dalam hal ini, intinya adalah kamu harus tahu terlebih dahulu targetmu, baru setelah itu kamu berusaha untuk mencapainya dengan kerja keras.

2. Teguhkan komitmen

Setelah menentukan target, tetapkan sebuah komitmen. Komitmen merupakan janji antara kamu dan dirimu sendiri. Janji tersebut tidak boleh dirusak. Pikirkan konsekuensi apa yang akan terjadi jika kamu melanggar atau stay dengan komitmen tersebut. Tentukan juga apa yang akan kamu lakukan bila targetmu tidak tercapai. Bisa jadi misalnya ketika nilaimu tidak sesuai target, kamu menghukum diri dengan berlari 10km, atau ketika sudah sesuai dengan target, misalnya kamu memberikan penghargaan kepada diri kamu sendiri dengan makan enak. Tentukan komitmen agar kamu dapat mencapai targetmu dengan proses yang baik. Ingat, orang hebat selalu berkomitmen terhadap mimpi yang ingin mereka capai.

3. Siapkan jadwal belajar intensif

Ya, siapkan jadwal belajar intensif yang semakin meningkat kesukarannya seiring mendekati PAS. Kalau istilah lainnya, namanya adalah deliberate practice. Coba susun mana materi yang paling kamu mengerti dan tidak mengerti. Nah, setiap hari selalu latihlah materi tersebut. Berlatihlah dengan kesulitan yang terus meningkat. Misalnya di minggu pertama kamu mengerjakan soal dengan waktu 90 menit, minggu berikutnya harus lebih cepat, 60 menit misalnya, dan seterusnya. Ini akan membuat kamu lebih siap menghadapi PAS.

4. Bandingkan Kisi-kisi dengan Soal Tahun Lalu

Nah, ini sangat penting. Meskipun bagus untuk mempelajari satu buku penuh, namun jika targetmu adalah nilai tinggi, jangan sampai usahamu itu jadi buang-buang waktu. Untuk cara yang efektif dan efisien, Gunakan kisi-kisi yang tersedia dan bandingkan dengan soal tahun lalu. Biasanya Guru selalu memberikan kisi-kisi saat pertemuan menjelang PAS, selalu baca dan gunakan itu sebagai acuanmu, kisi-kisi dan latihan soal itu ibaratkan peta yang menuntun kita pada emas yang sangat berharga. Tapi, jangan lupa selalu perhatikan ucapan guru dan sebisa mungkin baca seluruh materi yang telah disampaikan.

 

5. Perhatikan tipe soal

Tipe soal dari setiap mata pelajaram pastinya berbeda-beda. Maka dari itu perlu perhatikan tipe soal dari setiap mata pelajaran.

6. Tutor Sebaya

Tutor Sebaya adalah kegiatan belajar bersama dengan seorang menjadi Tutor yang dianggap lebih dibidangnya. Tutor Sebaya ini merupakan salah satu kunci unggulan SMANSA mencapai rata-rata UN tinggi. Maka dari itu, Apa salahnya mencoba Tutor Sebaya ini?

7. Bertanyalah pada Guru

Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Mungkin pepatah tersebut benar, tips ini sangat efektif untuk Kartinians yang belum paham benar tentang materi yang telah diajarkan oleh guru yang bersangkutan. Maka dari itu, bertanyalah baik ketika jam pelajaran maupun ketika waktu luang. Namun ingat, tetap jaga sopan santun dan Jangan mengganggu waktu istirahat Guru!

8. Berdoa dan Beikhtiar

Mungkin, ini merupakan unsur utama dalam meraih kesuksesan dalam PAS, sebab keduanya saling berhubungan . Tanpa Berdoa pada Tuhan yang Maha Kuasa, kita pasti akan kesulitan dan hambatan dalam mengerjakan soal PAS , sedangkan jika tanpa berikhtiar semuanya akan sia-sia karena tanpa adanya usaha. Maka dari itu, Perbanyaklah berdoa dan jangan lupa berusaha untuk mencapai semuanya.

 

Mungkin, Tips and Trik itu saja yang dapat disampaikan, Semoga bermanfaat.

 Selamat Belajar, Good Luck Semuanya,,,

Leave a Reply