SWAPRA 2017

0

Selang sehari setelah PAS SMANSA, GAMARAKA mengadakan Kegiatan Lintas Wana Pramuka atau ‘SWAPRA’ yang ke-26 di Kabupaten Pekalongan melewati 3 Kecamatan, yaitu Petungkriyono, Lebakbarang, dan Karanganyar , selama 3 hari lamanya. SWAPRA ini dibarengi dengan Long March dari Wanalana dan berangkat dengan Mobil angkut setelah mendapat Pembekalan dari Bapak Riyanto,S.Pd. pada pukul 07.30.

SWAPRA 2017 merupakan kegiatan Kepramukaan untuk melantik Anggota Pramuka Bantara Kelas X tepatnya pada 15 s.d. 17 Desember 2017. Setiap Peserta Terbagi atas Beberapa GR yang terdiri dari 8-11 anggota. SWAPRA ini bertujuan untuk melatih fisik , mental , serta membina kesadaran siswa dan meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan.

Rute awal SWAPRA kali ini adalah dari Curug Bajing berjalan menuju Transit Pemberhentian awal dan tempat rehat , yaitu SD 1 Songgorejo , Dukuh Songgowedi, Petungkriyono. Setelah sampai di SD tersebut, setiap GR wajib menyanyikan Yel-yel khas GR dan bermalam di SD tersebut ,bersama dengan penampilan Pensi.

Pada rute hari kedua adalah dari SD Songgorejo menuju SD Lebakbarang. Ini merupakan Rute perjalanan terjauh SWAPRA kali ini, melewati hutan, kebun, jalan setapak, lebatnya hujan, dsb. Di Lebakbarang ini terdapat  beberapa kegiatan antara lain, Sarasehan bersama Tokoh Masyarakat Setempat, Api Dharma, dan Pelantikan Bantara.

Pada rute hari ketiga ini adalah dari SD Lebakbarang menuju Lolong,dan merupakan post terakhir kali ini.

SWAPRA 2017 berjalan dengan lancar, meskipun terdapat beberapa rintangan baik dari Cuaca, gempa ,dsb.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.