Wanalana Susur Pantai

0
76
views

Tanggal 10 Februari salah satu ekstrakurikuler di SMANSA melaksanakan kegiatan susur pantai. Ekstrakurikuler pecinta alam SMANSA atau yang akrab dengan nama wanalana mengadakan kegiatan susur pantai (surpan) ini. Perjalanan dimulai dari pelabuhan batang.

Peserta surpan dibagi menjadi lima tim, yakni tim fisika, biologi, sosiologi, geografi, dan kebersihan. Setiap tim memiliki tugasnya masing-masing. Jangan salah, selama menyusuri pantai peserta surpan tidak cuma jalan saja, tim fisika bertugas menghitung jarak yang mereka tempuh, jarak bibir pantai hingga rumah warga. Untuk tim biologi mereka mendata dan mendokumentasikan flora dan fauna sekitar pantai. Nah kalo sosiologi mereka mewawancarai  warga sekitar yg tinggal di pesisir, seperti keadaan ekonomi, sosial, mata pencaharian dan lain lain.Tim geografi bertugas menghitung kecepatan arus pantai dan kecepatan angin secara sederhana, cuaca dan iklim pesisir, dan yang terakhir tim kebersihan, mereka membersihkan bibir pantai yang dilewati. Jadi kalau ada sampah-sampah akan mereka pungut dan dibawa ke pembuangan sampah.

Ternyata kegiatan tak berakhir sampai disitu peserta surpan akan  jalan sampai bertemu sebuah muara besar, sekaligus mengakhiri kegiatan. Di muara besar peserta melaksanakan  sholat dzuhur, makan siang, materi, praktek SAR air, dan  penyebrangan basah. Jadi peserta menyebrangi muara itu menggunakan tali. Kegiatan wanalana ini tak hanya asik namun bermanfaat, baik untuk peserta, orang lain, dan tentunya alam. Jadi kita harus selalu melestarikan alam kita. Kalau kata wanalana, SALAM LESTARI!

Leave a Reply