UNBK di SMA 1 Pekalongan

0

Ujian Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut UNBK adalah ujian yang menggunakan komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya. Pada tahun 2018 atau tahun pelajaran 2017/2018 pada jenjang SMA/SMK ditargetkan seluruh sekolah melaksanakan Ujian Nasional (UN) dengan moda UNBK, sedangkan pada jenjang SMP/MTS ditargetkan 70% sekolah di seluruh Indonesia melaksanakan Ujian Nasional dengan model UNBK. Perluasan pelaksanaan UNBK dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas, dan integritas ujian.

Pelaksanaan UNBK di SMA 1 Pekalongan diawali hari Senin tanggal 9 April 2018 dan berakhir pada hari kamis tanggal 12 April 2018. Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama UNBK adalah Bahasa Indonesia, kemudian di hari kedua adalah Matematika, dihari ketiganya adalah Bahasa Inggris, dan dihari terakhir adalah salah satu Mapel jurusan yang diujikan. Pelaksanaannya akan dibagi menjadi tiga sesi yaitu, Sesi 1 akan dilaksanakan dari jam 07.30-09.30, Sesi 2 akan dilaksanakan dari jam 10.30-12.30, Sementara Sesi 3 akan dilaksanakan dari jam 14.00-16.00.

Untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi UNBK, SMA 1 Pekalongan telah memberikan jam tambahan secara rutin oleh guru-guru Mapel UN. Beberapa tahapan try out telah dirancang untuk menguji kemampuan penguasaan materi oleh siswa. Kegiatan doa bersama juga telah diagendakan untuk membentuk kesiapan secara mental.

Tidak ada perbedaan besar antara ujian dengan kertas atau dengan komputer. Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) yang diperoleh oleh siswa membantu mereka dalam menghadapi UNBK ini. Untuk Kakak kelas XII yang masih menghadapi UNBK tetap semangat dan terus belajar. Semangat Kartinians! VIVA SMANSA !

 

 

Ket : Foto diambil sebelum siswa mengerjakan soal UNBK dimulai (saat absen)
Previous articleDeklarasi UN
Next articleBersinarnya PROMNIGHT 2018
Siswa Smansa X MIPA 4.Mempunyai Hobi menulis dan dalam bidang Seni Rupa,seperti Melukis,membuat desain Batik,Kaligrafi Qur'an,serta Menggambar Komik.
SHARE

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.