Indonesia Negeri yang Kaya

0

Mungkin judul diatas menggambarkan akan sebuah negara yang kita tinggali saat ini. Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri atas belasan ribu pulau yang disatukan oleh perairan Indonesia yang membentang dari Sabang-Merauke. Negeri Ibu Pertiwi ini terdapat berbagai budaya, bahasa, ras, suku, agama, dan berbagai perbedaan lainnya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Indonesia juga terkenal akan sumber daya alamnya yang melimpah.

Negeri yang ber-Ideologi Pancasila sangatlah cocok dengan kemajemukan yang terdapat di Indonesia. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menjadi salah satu kebanggaan Indonesia akan kekayaan Sosial dan Budaya Bangsa.

17 Agustus 1945 merupakan moment penting Kemerdekaan Indonesia yang kita nikmati saat ini. Disamping itu, banyak peristiwa yang telah negeri ini lalui,seperti peristiwa Gerakan 30S, Krisis Moneter, Tragedi 98, dan banyak lagi. Dari Kepemimpinan Soekarno hingga Jokowi saat ini, telah banyak perubahan yang terjadi.

Meskipun begitu, masih banyak konflik vertikal dan horizontal yang terjadi. Banyak juga ancaman-ancaman yang terjadi melanda Bumi Pertiwi, semisal kejahatan, terorisme, separatisme,KKN, narkoba, dsb.

Macan Asia yang Tertidur ialah salah satu julukan bagi Negara ini yang kaya akan potensi namun tak memanfaatkan secara optimal. Ini menandakan bahwa masih kurangnya SDM yang berkualitas untuk mengelola Sumber Daya yang melimpah.

Ada negara yang meramalkan adanya optimisme pertumbuhan kemajuan Indonesia, namun ada juga negara yang meramalkan akan runtuhnya negeri ini di masa mendatang. Sebenarnya ini dapat dijadikan indikator penting dalam kemajuan Indonesia. Pemerintah seharusnya menjadikan ini sebagai tolak ukur untuk memperbaiki dan mengevaluasi akan kebijakan yang telah dikeluarkan saat ini. Selain itu, juga perlunya dukungan rakyat untuk menciptakan koordinasi yang baik antara rakyat dan pemerintah guna mencapai kemajuan bangsa dan kesejahteraan umat.

Posting ini dimaksudkan untuk menjadi motivasi memperbaiki karakter bangsa guna menciptakan SDM yang bermutu. Menuju Indonesia yang Bersatu dengan Bhinneka Tunggal Ika, tanpa adanya diskriminasi dan intervensi. Disamping itu perlunya berbaur di tengah perbedaan tanpa menghilangkan perbedaan yang merupakan ciri khas Indonesia yang kaya.

Previous article‘PAT’ 3 Kata yang Menentukan
Next articleTIPS SEHAT DAN BUGAR SAAT BERPUASA
My Name is Bambang Irawan . I'm from X MIPA 5. I like a challenge in the Learning. My hobby is painting and making things creative and identical with creativity, art, and imagination. And it needs time for that. Now here, I started learning to write and I started to like it.
SHARE

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.