Maladaptive Daydreaming

0

Apakah kamu sering berbicara sendiri dan kamu sadar akan hal itu? Apakah kamu sering menangis tanpa sebab ketika sendirian? Hati-hati yaa bisa jadi kamu mengidap Maladaptive Daydreaming (MD).

Apa itu Maladaptive daydreaming?
Maladaptive daydreaming (MD) adalah sebuah kondisi dimana seseorang terjebak dalam fantasinya sendiri. Seseorang dapat melamun berjam-jam setiap harinya. Mereka candu dengan dunia khayal sendiri, membuat sebuah cerita yang membuat mereka nyaman ada di dalamnya, membuat tokoh hasil rekaan imajinasi sendiri. Pengidap MD bisa menangis, tertawa, berlarian sendiri atau berbicara sendiri ketika mereka melamun.
Pengidap MD sama sekali berbeda dengan pengidap skizofrenia. Jika mereka yang mengidap skizofrenia tidak dapat membedakan khayalan dan kenyataan, berbeda halnya dengan pengidap MD yang menyadari perbedaan tersebut.

Apa saja gejalanya?
~ Memiliki ketertarikan yang cukup emosional dengan karakter yang ada di dalam khayalannya.
~ Memiliki kaitan yang cukup erat dengan musik, sering menghayati lirik sebuah lagu sendirian.
~ Dapat menunjukkan emosi ketika sedang mengkhayal, semisal menangis, tersenyum, dan tertawa sendiri.
~ Lamunan yang dilakukan cukup detail dan rumit. Biasanya lamunan dari penderita MD memang lebih detail dibandingkan dengan penggambaran sebuah novel. Sehingga membuat lamunan mereka memang terasa nyata.
~ Akan sangat sulit untuk bisa menarik diri ke dalam kehidupan yang nyata jika gejalanya sedang muncul.
~ Melakukan gerakan-gerakan konstan ketika berkhayal, semisal mengetuk meja, menggigit kuku, dan lainnya.
~ Kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lainnya yang di sekitarnya dan berusaha untuk menarik diri dari lingkungan sosialnya.
~ Mengalami kesulitan tidur, kebanyakan penderita MD sering mengalami insomnia. Hal ini dikarenakan diri mereka terlalu asyik dengan khayalannya.
~ Cenderung Introvert.

Cara Mengatasi Gangguan
Belum ditemukan dengan pasti pengobatan terbaik yang dapat mengatasi gangguan Maladaptive Daydreaming ini, namun dibawah ini ada beberapa tips yang dapat membantu anda sedikit mengatasi gangguan Maladaptiv Daydreaming:
~ Cobalah untuk menceritakan masalah yang anda hadapi dengan orang tua, kerabat, maupun teman terdekat.
~ Cari tau apa yang menjadi pemicu dari gangguan MD dan sebisa mungkin hindari pemciu tersebut.
~ Buatlah alarm yang dapat terus berbunyi (5 menit sekali) sehingga nantinya dapat mencegah resiko untuk melamun ataupun mengkhayal ketika sedang sendirian.
~ Berikan perhatian sepenuhnya kepada hal apa yang sedang anda kerjakan sehingga nantinya otak bisa bekerja terus dan terhindari dari berkhayal.
~ Selesaikan permasalahan yang memicu Anda untuk berkahayal, sehingga nantinya kebiasaan tersebut tidak terulangi kembali.
~ Yakinkan pada diri Anda sendiri jika anda bisa melawan keinginan untuk berkhayal.
~ Segera hubungi psikolog.

Previous articleBegadang Jangan Begadang
Next articleDENGUNG
SHARE

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.