The Very First Workshop Jurnalistik

0

 

Untuk pertama kalinya, organisasi jurnalistik SMA N 1 Pekalongan mengadakan acara workshop jurnalistik. Worskhop jurnalistik diadakan pada tanggal 3 Agustus 2018, hari jum’at di kelas 12 MIPA 2. Acara ini juga berlangsung bersamaan dengan Science fair dan Lomba antar kelas dalam merayakan Diesnatalis SMANSA ke 66.

Dengan dipimpin oleh Kak Muthia Hanin, kelas 12 mipa 3, acara workshop ini berjalan dengan lancar. Menurut kak hanin, acara ini sudah digadang-gadang atau direncanakan sejak 2 tahun yang lalu namun baru bisa dilaksanakan pada tahun 2018 ini.
Narasumber dari acara workshop ini adalah Mas Muhammad Hadiyan dan Mas Muhammad Ainul Atho’. Narasumber merupakan wartawan dari koran RADAR dan alumni SMA N 1 Pekalongan. 
Menurut Mas Hadiyan, indonesia itu krisis jurnalis atau penulis jadi dengan adanya workshop jurnalistik ini diharapkan kedepannya akan semakin banyak penulis dan jurnalis di generasi muda. Ciptakan sejarah dengan generasi literasi, begitulah motto acara workshop kali ini yang sesuai dengan pernyataan dari Mas Hadiyan.

Selain itu, Mas Ainul membahas tentang HOAX dan apa tujuan dan ciri ciri HOAX. Jadon kita sebagai generasi penerus bisa membedakan antara berita hoax dan yang tidak.

Workshop dihadiri oleh anggota jurnalistik dari kelas 10 dan 11 serta perwakilan dari smp se-ekskrasidenan Pekalongan. Mulai dari perwakilan Smp 1 sampai smp salafiyah, mereka belajar bagaimana cara membuat berita yang baik dan benar dan mempelajari lebih lanjut apa itu jurnalistik. Mereka juga sangat antusias dalam mengikuti citizen jurnalism, salah satu kegiatan didalam workshop dimana peserta membuat berita.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan dari mengikuti workshop jurnalistik seperti tahu cara membuat berita, cara membedakan mana berita hoax mana yang bukan dan masih banyak lagi. Diharapkan untuk selanjutnya, workshop bisa dilaksanakan lagi dan dapat menjadi lebih baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.